Sabtu, 07 April 2012

MULTIMEDIA


A.   PENGERTIAN MULTIMEDIA
multimedia secara etimologi (menurut kamus/ensklopedi) berasal dari dua kata “Multi” dan “Medium”. Yang berarti : Multi (Latin noun) bermacam-macam, banyak Mult
Medium (Latin) : Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Medium (American Heritage Electronic Dictionary, 1991) : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi Secara terminologi (menurut istilah) Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa, menyampaikan .

Beberapa definisi menurut para ahli :
Ø  Kombinasi dari computer dan video (Rosch, 1996)b.
Ø  Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996)c.
Ø  Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapatberupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turbandan kawan-kawan, 2001)d.
Ø  Multimedia dalam konteks computer Hofstetter, 2001 adalah:Pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi,berkreasi dan berkomunikasi

Beberapa pengertian lain dari Multimedia, yaitu:
Ø  Multimedia adalah media yang menggunakan beberapa bentuk dari isi informasi dan proses informasi (seperti: tulisan, audio, grafis, animasi, video, dan interactivity) untuk menginformasikan dan menghibur pengguna atau penonton.
Ø  Multimedia adalah Sebuah kombinasi dari bermacam-macam media termasuk suara, animasi, video dan grafis.Pengertian Multimedia
Ø  Multimedia adalah komunikasi yang menggunakan berbagai kombinasi dari media yang berbeda, dengan atau tanpa menggunakan komputer, dimana termasuk penggunaan tulisan (text), suara, musik, gambar, animasi, dan video.
Ø  Multimedia adalah presentasi komputer yang terkontrol yang mengkombinasikan tiga atau lebih dari elemenelemen seperti: tulisan (text), grafis, animation, fullmotion images, still video images, dan sound.

B.   KONSEP MULTIMEDIA
Konsep Dasar Multimedia Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.

C.   PEMANFAATAN MULTIMEDIA
1.    Di Bidang Pendidikan
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar :
a)    Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b)    Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c)    Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d)    Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e)    Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f)     Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmupengetahuan
g)    Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h)    Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
i)     Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
j)     Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
k)    Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
l)     Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswadiberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadaryang sesuai dengan diri sendiri
m)   Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
n)    Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswamelalui diskusi
o)    Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme
p)    Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpadipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
q)    Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yangsesuai dengan minat dan kehendak sendiri.


2.    Di Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasienmonitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksaorgan dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan AlmarhumMantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Denganteknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam sepertiJantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yangdigabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.c.

3.    Di Bidang Lain
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu,mempermudah , mempecepat pekerjaan pekerjaan manusia diantaranya adalah :

Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisadi program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawatdilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentupesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram didalam kmputer.Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus dilayani dengan cepat menggunakan komputer.

Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat danakurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-harimenerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi duniamenjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

Bidang industri Otomotif 
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Denganbantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlahratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenagamanusia.

Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi denganpemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisakekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan denganbantuan komputer.

Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang dioperasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghematwaktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh beraparibu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua direkam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer.Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.



D.   APLIKASI MULTIMEDIA
Berbagai aplikasi multimedia dapat dilihat pada Tabel 1. Tampak bahwa aplikasi multimedia sangat luas.

Aplikasi
Keterangan
Presentasi bisnis
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien.
Pelatihan berbasis komputer 
(CBD/Computer Based Training)
Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh, CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi yang dapat divisualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi dites juga diperdengarkan.
Hiburan
Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
Pendidikan
Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajara-pelajaran yang sulit diterangkan (misalnya fisika dan matematika) dengan cara konvensional.
Penyajian informasi
Multimedia dapat dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu, multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis, baik dalam bentuk buku elektronis maupun koran elektronis.
Kios interaktif
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum (misalnya mall atau universitas). Pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.
Telekonferensi
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan kemasing-masing komputer pemakai.


REFERENSI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar