Minggu, 08 April 2012

Physical Layer, ADSL, SDSL, Hotspot, Wi-Fi

  1. Physical Layer
Pengertian Physical Layer
Lapisan ini berhubungan dengan masalah listrik, prosedural, mengaktifkan, menjaga, dan menonaktifkan hubungan fisik. Lapisan ini juga berhubungan dengan tingkatan karakter voltase, waktu perubahan voltase, jarak maksimal transmisi, konektor fisik, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan fisik.

Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah hub, repeater, network adapter/network interface card, dan host bus adapter (digunakan di storage area network) .



Fungsi Layer physical (Layer 1)
Ø  Memindahkan bit antar devices
Ø  Spesifikasinya berupa voltase, wire, speed, pin pada kabel
Ø  Mengirim bit dan menerima bit
Ø  Berkomunikasi langsung dengan jenis media transmisi
Ø  Representasi bit ini tergantung dari media dan protocol yang digunakan
·         Menggunakan frekuensi radio
·         State transition = perubahan tegangan listrik dari rendah ke tinggi dan
Sebaliknya
Ø  Menentukan kebutuhan listrik, mekanis, prosedural dan fungsional, mempertahankan dan menonaktifkan hubungan fisik antarsistem.


2. ADSL
TEKNOLOGI ASYMMETRIC DIGITAL SUBSCRIBER LINE (ADSL)
Dunia telekomunikasi terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan, baik dari sisi peningkatan kebutuhan masyarakat atas permintaan jasa telekomunikasi maupun peningkatan tuntutan digunakannya sistem dan teknologi dengan kemampuan yang lebih besar dan terintegrasi yang dapat menyalurkan kecepatan dengan bit rate yang lebih tinggi untuk layanan internet, voice, maupun komunikasi data. Sistem transmisi radio saat ini telah mengalami kemajuan dengan terciptanya teknologi radio digital yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan sistem transmisi yang menggunakan sistem analog. Keunggulan yang dimiliki sistem radio digital diantaranya adalah kemampuan memenuhi kebutuhan akan transfer data, informasi voice, video, multimedia dengan kecepatan transmisi.

Teknologi ADSL Melalui Saluran Kawat Tembaga tinggi dan akurasi pengiriman informasi serta delay yang kecil. Teknologi juga berkembang dengan ditemukannya fiber optik yang mampu menyediakan kapasitas kanal yang sangat besar. Pengaplikasian jaringan serat optik sebagai salah satu solusi bagi permasalahan kebutuhan akan layanan komunikasi dengan kecepatan bit rate yang tinggi serta bandwith yang lebar ternyata memerlukan pertimbangan akan investasi yang dikeluarkan untuk pembangunannya. Memperhatikan bahwa pemanfaatan teknologi baru seperti transmisi radio digital dan fiber optik dapat memberikan kemampuan yang tinggi serta kapasitas yang besar tetapi juga memerlukan dana investasi  pembangunannya yang tidak kecil, maka masuk akal bila para operator telekomunikasi tetap memikirkan pemanfaatan fasilitas-fasiltas lama yang telah dimiliki semaksimal mungkin.

Sebagai salah satu solusi dari kenyataan ini adalah digunakannya suatu metode untuk pemekaran bandwith dari kabel tembaga yaitu teknologi ADSL (Asymmentrik Digital Subscriber Line) agar dapat mendukung layanan
komunikasi multimedia. Teknologi ADSL merupakan jaringan akses yang memungkinkan terjadinya komunikasi suara, video maupun data berkecepatan tinggi melalui jaringan kabel tembaga biasa. Teknologi ini digunakan untuk memaksimalkan jaringan kabel tembaga agar dapat mentransmisikan data berkecapatan tinggi.

3.  SDSL (Single line Digital Subcriber Line)
Teknologi SDSL indentik dengan HDSL dengan perbedaan yang
mendasar pada sisi pelanggan. Teknologi SDSL dapat langsung terhubung ke
terminal pelanggan seperti halnya pesawat telepon, sedangkan HDSL
membutuhkan perangkat multiplex tambahan untuk terhubung ke terminal
pelanggan. SDSL memiliki keunggulan komparatif karena ADSL mampu
menyalurkan sinyal T1 maupun E1 dengan saluran telepon saja, sehingga tidak
perlu penambahan saluran lagi seperti yang dibutuhkan dalam pemasangan
HDSL. Oleh karena itu disebut SDSL. Kecepatan data yang bisa dikirim oleh
SDSL sama dengan HDSL yaitu 1,5 Mbps atau 2 Mbps, dengan jarak operasi
yang bisa dicapai menggunakan satu pasang kabel tembaga relatif pendek dari HDSL. Aplikasi sama dengan aplikasi yang dapat dilewatkan pada HDSL.



4. HOTSPOT 


HOTSPOT 
adalah jaringan komputer swadaya masyarakat dalam ruang lingkup kecil paling jauh 5KM melalui media kabel atau Wireless 2.4 Ghz dan Hotspot sebagai sarana komunikasi rakyat yang bebas dari undang-undang dan birokrasi pemerintah. Pemanfaatan HOTSPOT ini dapat dikembangkan sebagai forum komunikasi online yang efektif bagi warga untuk saling bertukar informasi, mengemukakan pendapat, melakukan polling ataupun pemilihan ketua RT atau RW dan lain-lain yang bebas tanpa dibatasi waktu dan jarak melalui media e-Mail/Chatting/Web portal, disamping fungsi koneksi internet yang menjadi fasilitas utama. Bahkan fasilitas tersebut dapat dikembangkan hingga menjadi media telepon gratis dengan teknologi VoIP.

Tujuan Membangun HOTSPOT
- Turut serta dalam pengembangan internet murah di masyarakat.
- Membangun komunitas yang sadar akan kehadiran teknologi informasi dan internet.
- Sharing informasi dilingkungan RT/RW atau Komplek perumahan sehingga masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan disekitarnya.
- Mempromosikan setiap kegiatan masyarakat RT/RW ke Internet sehingga komunitas tersebut dapat lebih di kenal dan bisa dijadikan sarana untuk melakukan bisnis internet.

**   Tujuan lain dari HOTSPOT adalah membuat semacam Intranet yang berisi berbagai macam informasi tentang kegiatan yang ada di lingkungan sekitar. Dengan tersambungnya rumah-rumah ke jaringan Internet secara terus-menerus dan tidak terputus, maka bisnis internet diharapkan akan semakin marak termasuk pemanfaatan internet untuk pembayaran tagihan telpon, listrik, pengecekan Saldo Bank , pemesanan tiket Pesawat dll.

5.  Wi-Fi


(Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda Wi-Fi Hot Spot. Juga salah satu kelebihan dari Wi-Fi adalah kepraktisan,tidak perlu repot memasang kabel network. Untuk masalah kecepatan tergantung sinyal yang diperoleh.
Wi-Fi hanya dapat di akses dengan peralatan Wi-Fi certified  Radio seperti komputer, laptop, PDA atau Cellphone. Untuk Laptop versi terbaru keluaran tahun 2007, sudah terdapat Wi-Fi on board. Bila belum tersedia pemakai dapat menginstall Wi-Fi PC Cards yang berbentuk kartu di PCMCIA Slot yang terdapat di laptop atau Wi-Fi USB .
Untuk PDA, pemakai dapat menginstall Compact Flash format Wi-Fi radio di slot yang telah tersedia. Bagi pengguna yang komputer atau PDA - nya menggunakan Windows XP, hanya dengan memasangkan kartu ke slot yang tersedia, Windows XP akan dengan sendirinya mendeteksi area disekitar Anda dan mencari jaringan Wi-Fi yang terdekat dengan Anda. Amatlah mudah menemukan tanda apakah peranti tersebut memiliki fasilitas Wi-Fi, yaitu dengan mencermati logo Wi-Fi CERTIFIED pada kemasannya. Meskipun Wi-Fi hanya dapat diakses ditempat yang bertandakan Wi-FiHotspot, jumlah tempat-tempat umum yang menawarkan Wi-Fi Hotspot meningkat secara drastis. Hal ini disebabkan karena dengan dijadikannya tempat mereka sebagai Wi-Fi Hotspot berarti pelanggan mereka dapat mengakses internet yang artinya memberikan nilai tambah bagi para pelanggan.
Layanan Wi-Fi yang ditawarkan oleh masing-masing Hot Spot pun beragam, ada yang menawarkan akses secara gratis seperti halnya di executive lounge Bandara, ada yang mengharuskan pemakainya untuk menjadi pelanggan salah satu ISP yang menawarkan fasilitas Wi-Fi dan ada juga yang menawarkan kartu pra-bayar. Apapun pilihan Anda untuk cara mengakses Wi-Fi, yang terpenting adalah dengan adanya Wi-Fi, Anda dapat bekerja dimana saja dan kapan saja hingga Anda tidak perlu harus selalu terkurung di ruang kerja Anda untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.


REFERENSI :
viyan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/.../3_Physical-Layer.pdf

Sabtu, 07 April 2012

MULTIMEDIA


A.   PENGERTIAN MULTIMEDIA
multimedia secara etimologi (menurut kamus/ensklopedi) berasal dari dua kata “Multi” dan “Medium”. Yang berarti : Multi (Latin noun) bermacam-macam, banyak Mult
Medium (Latin) : Sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Medium (American Heritage Electronic Dictionary, 1991) : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi Secara terminologi (menurut istilah) Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa, menyampaikan .

Beberapa definisi menurut para ahli :
Ø  Kombinasi dari computer dan video (Rosch, 1996)b.
Ø  Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996)c.
Ø  Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapatberupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turbandan kawan-kawan, 2001)d.
Ø  Multimedia dalam konteks computer Hofstetter, 2001 adalah:Pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi,berkreasi dan berkomunikasi

Beberapa pengertian lain dari Multimedia, yaitu:
Ø  Multimedia adalah media yang menggunakan beberapa bentuk dari isi informasi dan proses informasi (seperti: tulisan, audio, grafis, animasi, video, dan interactivity) untuk menginformasikan dan menghibur pengguna atau penonton.
Ø  Multimedia adalah Sebuah kombinasi dari bermacam-macam media termasuk suara, animasi, video dan grafis.Pengertian Multimedia
Ø  Multimedia adalah komunikasi yang menggunakan berbagai kombinasi dari media yang berbeda, dengan atau tanpa menggunakan komputer, dimana termasuk penggunaan tulisan (text), suara, musik, gambar, animasi, dan video.
Ø  Multimedia adalah presentasi komputer yang terkontrol yang mengkombinasikan tiga atau lebih dari elemenelemen seperti: tulisan (text), grafis, animation, fullmotion images, still video images, dan sound.

B.   KONSEP MULTIMEDIA
Konsep Dasar Multimedia Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.

C.   PEMANFAATAN MULTIMEDIA
1.    Di Bidang Pendidikan
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar :
a)    Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b)    Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c)    Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d)    Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e)    Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f)     Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmupengetahuan
g)    Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h)    Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
i)     Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
j)     Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
k)    Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
l)     Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswadiberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadaryang sesuai dengan diri sendiri
m)   Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
n)    Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswamelalui diskusi
o)    Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme
p)    Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpadipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
q)    Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yangsesuai dengan minat dan kehendak sendiri.


2.    Di Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasienmonitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksaorgan dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan AlmarhumMantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Denganteknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam sepertiJantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yangdigabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.c.

3.    Di Bidang Lain
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu,mempermudah , mempecepat pekerjaan pekerjaan manusia diantaranya adalah :

Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisadi program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawatdilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentupesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram didalam kmputer.Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus dilayani dengan cepat menggunakan komputer.

Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat danakurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-harimenerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi duniamenjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

Bidang industri Otomotif 
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Denganbantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlahratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenagamanusia.

Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi denganpemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisakekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan denganbantuan komputer.

Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang dioperasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghematwaktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh beraparibu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua direkam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer.Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.



D.   APLIKASI MULTIMEDIA
Berbagai aplikasi multimedia dapat dilihat pada Tabel 1. Tampak bahwa aplikasi multimedia sangat luas.

Aplikasi
Keterangan
Presentasi bisnis
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien.
Pelatihan berbasis komputer 
(CBD/Computer Based Training)
Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh, CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi yang dapat divisualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi dites juga diperdengarkan.
Hiburan
Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
Pendidikan
Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajara-pelajaran yang sulit diterangkan (misalnya fisika dan matematika) dengan cara konvensional.
Penyajian informasi
Multimedia dapat dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu, multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis, baik dalam bentuk buku elektronis maupun koran elektronis.
Kios interaktif
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum (misalnya mall atau universitas). Pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.
Telekonferensi
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan kemasing-masing komputer pemakai.


REFERENSI :